RPS Met Pend.

RENCANA PERKULIAHAN SEMESTER
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNLAM SEMESTER GENAP
TAHUN AKADEMIK 2011/2012

A. Identitas matakuliah
1. Matakuliah : Penelitian Pendidikan Biologi
2. No. kode :
3. Bobot SKS/JS : 3/3
4. Semester : VI
5. Prasyarat :
6. Pembina : Dr. H. Muhammad Zaini M.Pd.
Drs. Akhmad Naparin, M.Si

C. Tujuan
Mahasiswa memahami berbagai prinsip dan prosedur dalam penelitian pengajaran biologi sebagai dasar bagi pengembangan kemampuan menyelesaikan tugas akhir (skripsi) dan memahami serta memanfaatkan hasil penelitian dalam rangka penyempurnaan pembelajaran biologi yang menjadi tugasnya.

D. Pelaksanaan Pembelajaran
1. Metode: ceramah, diskusi, penugasan
2. Kegiatan belajar:
Tatap muka : 16 kali
Tugas terstruktur:
a. Menyajikan presentasi kelompok di depan kelas
b. Menyelesaikan tugas BKPM.
c .Menyampaikan proposal penelitian

3. Evaluasi:
a. Kehadiran dan aktivitas di kelas
b. Penilaian kegiatan terstruktur
c. Penilaian ujian akhir dan perbaikan

4. Bahan Bacaan

Ary, Donald 1982. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional (terjemahan)

Arikunto, Suharsimi. 1987. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bina Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 1987. Managemen Penelitian. Jakarta: Bina Aksara.

Buku Pegangan Kuliah Mahasiswa
Hasan, Zaini. 1991. Perumusan Masalah, Hipotesis dan Variabel. Makalah untuk Lokakarya Penelitian tingkat Dasar angkatan XIII. Malang: Puslit IKIP Malang

Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Unlam. 2000. Petunjuk Penyusunan Skripsi. Hasil Lokakarya Petunjuk Penyusunan Skripsi kerjasama Jurusan PMIPA dengan Higher Education Development Services (HEDS) tanggal l7 – 12 Agustus 2000.

Koentjaraningkat. 1989. Metode-metode Penelitian masyarakat. Jakarta: P.T. Gramedia.

Singarimbun, Masri dan Effendi, Sofian. 1995. Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES.

Surakhmad, Winarno. 1985. Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito

Utomo, Tjipto dan Kees Ruijter. 1990. Peningkatan dan Pengembangan Pendidikan. Cetakan ketiga. Jakarta: P.T. Gramedia.

Banjarmasin, Pebruari 2012
Pembina matakuliah,

Dr. H. Muhammad Zaini, M.Pd

Drs.H. Akhmad Naparin, M.Si

,
.

Perte-muan
Pokok/Sub Pokok Bahasan Tugas Terstruktur

1.

2.

3.

4.

5-6.

7. PENYAMPAIAN RPS
Penyampaian Buku Pegangan Kuliah Mahasiswa

PENDEKATAN ILMIAH DALAM PENELITIAN
Sumber Pengetahuan
Hakekat Ilmu
Hakekat Penelitian
Metodologi Penelitian dalam Pendidikan

PERANAN DAN JENIS PENELITIAN
Peranan Penelitian
Jenis Penelitian, berdasarkan (metode yang dianut dalam pengumpulan dan analisis data, tujuan, pendekatan, bidang ilmu, tempat, variabel waktu
Klasifikasi Skripsi (hasil penelitian lapangan, laboratorium, kajian pustaka, pengembangan)

METODE PENELITIAN
Metode yang dianut dalam pengumpulan dan analisis data (eksperimental, ex-post-facto atau kausal-komparatif, deskriftif, historis)
Menurut tujuan (eksploratif baik dasar maupun terapan, developmental atau penelitian dan pengembangan, verifikatif atau penelitian kaji tindak.

DESAIN PENELITIAN
Masalah penelitian (hakekat masalah penelitian, sumber masalah penelitian, mengevaluasi masalah penelitian, merumuskan masalah penelitian)
Hipotesis (pentingnya menyusun hipotesis, cara memperoleh hipotesis, ciri hipotesis yang baik, merumuskan hipotesis, menguji hipotesis)

STUDI KEPUSTAKAAN
Pentingnya tinjauan pustaka, Sumber referensi, Membuat catatan hasil bacaan, Merangkai hasil bacaan

Menyiapkan bahan belajar

Pelajari buku-buku yang relevan, dan senantiasa melengkapi BKPM

Sampaikan pokok-pokok pikiran yang akan dijadikan topik skripsi sesuai bidang masing-masing (tugas ini merupakan cikal bakal yang akan dijadikan proposal penelitian dan selalu disempurnakan)

Tetapkan jenis penelitian skripsi yang akan diselesaikan

Jika penelitian eksperimen, tetapkan rancangannya, dan jika non eksperimen tetapkan jenis penelitiannya.

Pelajari cara-cara penelusuran sumber pustaka

Perte-muan
Pokok/Sub Pokok Bahasan Tugas Terstruktur

8.

9.

10.

11-12.

13.

14

15.

16. TES I

PENGUMPULAN DATA
Cara memperoleh data (data primer dan data sekunder), Alat pengukur dalam penelitian, Wawancara dan kuesioner, Tes, Ukuran kepribadian, Teknis sosiometris, Observasi

TEKNIK SAMPLING
Acak sederhana, Berlapis, Berkelompok, Sistematis

PENELITIAN EKSPERIMEN DAN KUASI EKSPERIMEN
Ciri-ciri penelitian eksperimen, Cara pengendalian perbedaan subyek, Cara pengendalian perbedaan situasional, Desain eksperimental, Validitas internal dan eksternal, Desain pra-eksperimen, Desain eksperimen sejati, Desain eksperimen semu

PETUNJUK UMUM PENULISAN USUL PENELITIAN
Pentingnya usulan penelitian, Kerangka usulan penelitian, Kriteria menilai usulan penelitian, Kode etik penelitian

BEBERAPA TEKNIK STATISTIK DALAM ANALISIS
Statistik deskriptif (menyusun data penelitian, ukuran kecenderungan memusat, ukuran keragaman, skor baku, kurva normal, korelasi), Statistik inferensial (kesalahan penarikan sampel, macam kesalahan, taraf signifikansi, uji – t, anava, khi kuadrat)

MENGANALISIS, MENAFSIRKAN, MELAPORKAN, DAN MENULIS HASIL PENELITIAN
Analisis data, Prinsip-prinsip penafsiran, Laporan penelitian, Kesalahan umum dalam laporan penelitian

Tes II
Sampaikan hasil print out BKPM sesuai batas materi perkuliahan

Rumuskan cara pengumpulan data, sesuai dengan usulan penelitian.

Tentukan jenis penarikan sampling, jika penelitian eksperimen maupun deskriptif

Pelajari berbagai ragam penelitian eksperimen sejati maupun eksperimen semu.

Pergunaan buku ini senantiasa, ketika saudara menulis usulan penelitian.

Tentutkan ragam statistik yang sesuai dengan topic skripsi, Gunakan berbagai ragam aplikasi computer.

Pelajari laporan penelitian orang lain, lakukan analisis kritis untuk mncari kelemahan yang akan dijadikan perbaikan skripsi

Print out seluruh isi BKPM kemudian dijilid dan serahkan ke Pembina matakuliah.

Kumpulkan tugas akhir

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a comment